Mas Sehat | Blog Tentang Kesehatan | Mas Sehat ~ Blog Tentang Kesehatan | www.mas-sehat.com

Indonesia Masuk 5 Besar Pengekspor Busana Muslim di Dunia



Perusahaan Perindustrian busana muslim (Muslim fashion) telah menjadi penyumbang terbesar pertumbuhan ekonomi di bidang ekonomi kreatif  dan juga di bidang kuliner. Indonesia, bahkan merupakan 1 (satu) dari 5 (lima) besar negara anggota Organisasi Kerja Sama negara Islam (OKI) sebagai pengekspor busana Muslim terbesar selain Bangladesh, Turki, Maroko, dan Pakistan.

Kualitas dan desain produk busana Muslim Indonesia, juga diakui berdaya saing global, karena mengandung unsur budaya dari batik dan tenun.

“Bahkan, Indonesia pada saat ini juga masih menjadi negara dengan peringkat kelima pengonsumsi busana Muslim tingkat dunia, selain peringkat 3 (tiga) besar lainnya yaitu; Turki, Uni Emirat Arab, dan Nigeria," kata Ketua Kelompok Kerja Industri Kreatif Komite Ekonomi dan Industri Nasional (KEIN), Irfan Wahid dikutip dari siaran persnya, di Jakarta, Kamis 23 Juni 2016.

Dengan demikian, ia juga mengatakan, persaingan industri busana Muslim dunia semakin ketat. Dia menyebutkan, saat ini, ada beberapa negara yang bersiap menguasai pasar busana Muslim dunia. Di antara lain yaitu, Uni Emirat Arab, Korea Selatan, Malaysia, Amerika Serikat, Italia, Thailand, Jepang, Italia, inggris, dan Prancis.

Diarahkannya, industri busana Muslim menyumbang begitu besar dalam pertumbuhan ekonomi Nasional. Presiden juga telah menyetujui inisiasi KEIN untuk melakukan pertemuan dengan berbagai lintas kementerian untuk mendiskusikan tentang industri kreatif, khususnya industri busana Muslim di Indonesia.

"Sebenarnya, kita juga punya bidang yang berpotensi besar, seperti industri berbasis halal. Tapi, sayangnya, potensi industri berbasis halal kita di dunia masih di urutan nomor 10, sedangkan di urutan nomor 1 (satu) adalah negara tetangga, yaitu Malaysia," kata Irfan.


Terima kasih telah membaca artikel tentang Indonesia Masuk 5 Besar Pengekspor Busana Muslim di Dunia di blog Akses Berita jika anda ingin menyebar luaskan artikel ini di mohon untuk mencantumkan link sebagai Sumbernya, dan bila artikel ini bermanfaat silakan bookmark halaman ini diwebbroswer anda, dengan cara menekan Ctrl + D pada tombol keyboard anda.

Artikel terbaru :

Mas Sehat | Blog Tentang Kesehatan | Mas Sehat ~ Blog Tentang Kesehatan | www.mas-sehat.com