Mas Sehat | Blog Tentang Kesehatan | Mas Sehat ~ Blog Tentang Kesehatan | www.mas-sehat.com

Tanpa Kita Ketahui, Inilah Dosa-Dosa Dibalik Buka Puasa Bersama Teman Yang Harus Dihindari


Pada Bulan Ramadhan ini salah satu momen yang sering dilkukan adalah buka puasa bersama teman-teman, apakah teman sekelas di SMP, SMA, kampus, atau teman-teman kantor. Akan tetapi sadarkah bahwa ada beberapa hal yang justru mengundang dosa dari acara buka bersama seperti itu?

Inilah beberapa contoh dosa yang perlu dihindari saat kita menghadiri acara buka puasa bersama:

1. Mengabaikan Kehalalan Tempat Makan

Waspadalah berbuka bersama di cafe atau restoran yang belum jelas halal atau haramnya makanan, karena sering kali kita abai untuk mengecek kehalalan makanan yang kita konsumsikan, padahal efeknya sungguh besar untuk kesehatan maupun keberkahan hidup kita. Rasulullah telah bersabda:

“Perbaikilah makananmu (makanlah makanan yang halal) niscaya engkau akan menjadi orang yang selalu dikabulkan doanya. Demi jiwaku yang berada di tangan-Nya, sungguh jika ada seseorang yang memasukkan makanan haram ke dalam perutnya, tidak akan diterima amal-amalnya selama empat puluh hari dan bagi seorang hamba yang dagingnya tumbuh dari hasil menipu dan riba, maka neraka lebih layak baginya” (H.R ath-Thabrani).

2. Shalat Pada Ujung Waktu

Sahabat pernah bertanya kepada Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam, “Amal apakah yang paling dicintai oleh Allah?” Beliau menjawab, “Shalat pada waktunya.” “Kemudian amalan apa?” tanya Ibnu Mas`ud. “Berbuat baik kepada kedua orangtua,” jawab beliau. “Kemudian amal apa?” tanya Ibnu Mas’ud lagi. “Jihad fi sabilillah,” jawab beliau.” (HR. Al-Bukhari no. 527 dan Muslim no. 248)

Karena keasyikkan berbicara atau mengobrol-ngobrol dan makan-makan, banyak yang melakukan shalat Maghrib di ujung waktu atau menjelang Isya. Bukankah hal ini amat disayangkan?

3. Berghibah

Tidak jarang pula saat buka puasa bersama menjadi momen untuk mengghibah teman-teman yang tidak datang, atau momen pembulian jika ada yang masih menjomblo belum pada menikah.

Imam An-Nawawi berkata, “Ketahuilah bahwasanya ghibah merupakan perkara yang terburuk dan terjelek serta perkara yang paling tersebar di kalangan manusia, sampai-sampai tidaklah ada yang selamat dari ghibah kecuali hanya sedikit orang”.

4. Mubadzir/ Boros

Banyak yang  boros atau mubadzir dengan memesan makanan dalam porsi yang  banyak namun tidak menghabiskannya. Padahal jelas sekali bahwa perbuatan itu merupakan perbuatan yang dilarang dalam Islam:

“Dan janganlah kamu menghambur-hamburkan (hartamu) secara boros. Sesungguhnya pemboros-pemboros itu adalah saudara-saudara syaitan.” (QS. Al Isro’: 26-27) 
Terima kasih telah membaca artikel tentang Tanpa Kita Ketahui, Inilah Dosa-Dosa Dibalik Buka Puasa Bersama Teman Yang Harus Dihindari di blog Akses Berita jika anda ingin menyebar luaskan artikel ini di mohon untuk mencantumkan link sebagai Sumbernya, dan bila artikel ini bermanfaat silakan bookmark halaman ini diwebbroswer anda, dengan cara menekan Ctrl + D pada tombol keyboard anda.

Artikel terbaru :

Mas Sehat | Blog Tentang Kesehatan | Mas Sehat ~ Blog Tentang Kesehatan | www.mas-sehat.com