Mas Sehat | Blog Tentang Kesehatan | Mas Sehat ~ Blog Tentang Kesehatan | www.mas-sehat.com

Cara Bijak Dalam Mengatur Uang Agar Lebaran Nanti Menyenangkan


Pada saat menyambut Lebaran kadang juga diikuti oleh biaya-biaya baru yang muncul. Oleh sebab itu, pengeluaran pun bertambah. Namun, ada tunjangan hari raya (THR) yang bisa digunakan untuk menutupi tambahan pengeluaran tersebut.

Walaupun ada tambahan pendapatan, alangkah baiknya juga dapat mengelola gaji dan THR saat Lebaran.  Hal ini perlu dilakukan supaya membantu agar tidak terlalu boros ketika Lebaran nanti.

Perencana keuangan OneShildt Financial Planning Budi Raharjo mengatakan, seseorang harus mengetahui dulu pola pengeluaran pada Lebaran tahun sebelumnya. Dengan mengetahui pola pengeluaran, akan memudahkan seseorang untuk mengatur anggarannya.

Salah satu cara mengetahui pola pengeluaran, adalah apakah ada tradisi mudik setiap tahun pada saat Lebaran. Namun, Budi menilai masih banyak masyarakat yang belum mengetahui pengeluaran apa saja yang keluar disaat Lebaran. Oleh sebab itu, Budi menegaskan pola pengeluaran salah satu hal yang harus dicermati untuk mengatur uang pada saat Lebaran nanti.

Bagi saudara yang memiliki penghasilan pas-pasan tidak perlu khawatir untuk mengatur uang ketika Lebaran. Budi menyarankan supaya mencatat pendapatan dan pengeluaran yang sesuai dengan kebutuhan.

Selain itu dalam  mengalokasikan anggaran untuk persiapan Lebaran. Alokasi anggaran itu seperti untuk memberi zakat, angpau, membeli pakaian baru. Walaupun anggaran terbatas untuk Lebaran, Budi menghimbau agar tidak mengambil utang konsumtif. Hal itu lantaran utang konsumtif dapat menimbulkan bunga tinggi.

"Bila mengambil utang konsumtif maka sebaiknya jangan melebihi kemampuan agar sifatnya utang konsumtif harus disusuk berdasarkan prioritas. Prioritas digunakan untuk kebutuhan penting. Jangan sampai utang ini lebih dari 3 bulan pengeluaran kita. Oleh sebab itu setelah Lebaran pasti ada pengeluaran lainnya,"

Budi pun memberi saran agar tidak membelanjakan uang yang tidak perlu  pada saat Lebaran, supaya tidak menganggu pengeluaran rumah tangga ke depannya. "Kemudian stay on budget. Sebaiknya melakukan perencanaan yang baik. Tahu prioritasnya jangan sampai berlebihan," kata dia.

Terima kasih telah membaca artikel tentang Cara Bijak Dalam Mengatur Uang Agar Lebaran Nanti Menyenangkan di blog Akses Berita jika anda ingin menyebar luaskan artikel ini di mohon untuk mencantumkan link sebagai Sumbernya, dan bila artikel ini bermanfaat silakan bookmark halaman ini diwebbroswer anda, dengan cara menekan Ctrl + D pada tombol keyboard anda.

Artikel terbaru :

Mas Sehat | Blog Tentang Kesehatan | Mas Sehat ~ Blog Tentang Kesehatan | www.mas-sehat.com